Tim Baseball SMP Salman Al Farisi kembali menjadi yang terbaik dalam Kejuaran MFour National Championship 2020

Tim baseball junior SMP Salman Al Farisi- Bandung menjadi yang terbaik di tingkat Indonesia, setelah kembali meraih emas dalam Kejuaran MFour National Championship yang digelar di Surabaya, 24-30 Januari 2020.

Sebelumnya pada pertengahan Desember 2019, tim baseball ini juga menjawarai turnamen tingkat nasional Red Fox National Championship XVII 2019 di Bandung.

Dalam MFour National Championship kemarin, SMP Salman Al Farisi berhasil menumbangkan tim-tim baseball SMP asal Jawa Timur. Meski sempat pada babak penyisihan tim asal Kota Bandung ini dikalahkan lawan tangguh SMP Al Azhar 13 Surabaya dengan skor kedudukan 14-19.

Namun dalam babak menuju final, tim baseball SMP Salman Al Farisi besutan pelatih Ferliansyah Nugraha ini, berhasil mengalahkan tim-tim baseball tangguh lainnya, antara lain dari SMP 1 Malang, SMP 10 Malang, SMP 29 Surabaya, SMP 19 Malang dan SMP Muhamadiyah 5 Surabaya.

Di final yang berlangsung 30 Januari, Tim Baseball SMP Salman Al Farisi kembali bertemu SMP Al Azhar 13 Surabaya. Bahkan dalam final turnamen Red Fox National Championship XVII 2019 di Bandung Desember 2019 lalu, kedua tim ini juga bertemu di final, hingga tim SMP Salman Al Farisi meraih emas.

Coach Ferliansyah saat dihubungi, Jumat (31/01/2020) mengatakan, dalam final kemarin, tim Salman Al Farisi menang telak atas SMP Al Azhar 13 Surabaya dengan skor 8-1 dalam waktu 1 jam 45 menit.

"Sebenarnya, pertarungan berat kami alami pada babak penyisihan. Kami sempat kalah dari Al Azhar. Kami memainkan sampai 6 inning, karena skor kedudukan sama pada batas waktu yang ditentukan 1 jam 45 menit. Karena harus ada pemenang, maka ada tambahan waktu hingga menghabiskan waktu 2 jam 46 menit. Dan kami kalah 14-19," paparnya

Kendati akhirnya timnya berhasil membalikkan keadaan hingga memenangi kejuaran di final. Makna dari kemenangan ini, menjadikan tim baseball junior SMP Salman Al Farisi menjadi tim terbaik di Indonesia untuk kategori junior usia di bawah 15 tahun.

Meski mendapat medali emas dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta, Ferli menilai masih banyak kekurangan yang dimiliki timnya. Secara skill dan teknik, atlit baseball SMP Salman Al Farisi bagus.

"Hanya yang perlu ditanamkan ke pemain adalah tentang pemahaman olahraga ini. Karena yang selama ini olahraga baseball hanya sekedar rekreasi, kini sekarang acuannya untuk prestasi," ungkap.

Selain itu kata dia, perlu ada semacam theory class atau kelas khusus untuk para atlit. Seperti biasanya, seorang atlit baseball memang harus dapat semacam klas khusus. Sehingga mereka lebih mengerti dan paham.

"Juga memerlukan semacam game-game setiap latihan, selain mengikuti turnamen reguler secara berkala. Ini akan menambah skill dan jam terbang pemain," tandasnya.

sumber : jabarnews.com dengan judul "jungkalan tim-tim baseball jatim, SMP Salman Al Farisi terbaik di Indonesia" JUMAT, 31 JAN 2020, 21:36





Tinggalkan Komentar